About Piksel

6 Alasan Untuk Mulai Menggunakan Format 4K

Mulai dari diluncurkannya kamera video beresolusi 4K, dilanjutkan dengan menjamurnya TV yang mendukung tampilan video 4K, hingga belum lama ini, YouTube dan (sebentar lagi) iTunes juga akan mendukung konten video dengan format 4K. Ada apa dengan 4K? Kenapa kita harus peduli dengan format ini? Apakah kita harus memulainya sekarang atau tunggu nanti saja? Well, berikut ini 6 fakta yang menunjukkan bahwa format 4K sebentar lagi akan menjadi format standar industri.

1. 4K akan menjadi ukuran video standar

Tahukah Anda bahwa serial TV “Stranger Things” yang bergaya retro dan jadul itu ternyata diproduksi dengan format ukuran video 6K yang bahkan lebih besar dari 4K? Jangan tanya lagi tentang film-film box office yang beredar belakangan ini, semuanya sudah tersedia dalam format Ultra HD (4K). Untuk penyajian video online secara streaming pun 4K sudah didukung oleh website populer seperti YouTube dan Vimeo. Beberapa pengamat industri video pun menyebut bahwa tahun 2018, video dengan format 4K akan menjadi hal yang sangat umum.

8 Alasan Untuk Mulai Menggunakan Format 4K 1 video film

Kini film-film sudah didistribusikan dalam format 4K

2. Layar yang besar lebih mendukung inovasi

Perkembangan teknologi monitor berukuran besar saat ini sangat membutuhkan konten yang juga berkualitas tinggi. Dan ketersediaan layar-layar berukuran besar dengan resolusi tinggi tentunya juga memberikan kesempatan bagi para kreator untuk berinovasi menghasilkan karya-karya yang lebih baik. Sebuah perusahaan multimedia bernama Framestore pun berhasil memadukan kombinasi layar berukuran besar dengan konten VR (Virtual Reality) yang menarik. Mereka memanfaatkan layar berukuran 84 inci untuk menampilkan konten VR yang disingkronkan dengan ruang di dalam bus yang berjalan.

3. Billboard kini semakin canggih

Sebuah perusahaan periklanan outdoor bernama JCDecaux di Inggris belum lama ini mulai menawarkan penyajian konten 4K di layar-layar billboard digital yang sudah disiapkan di sejumlah titik kota London. Layar digital berukuran 790 m2 pun rencananya akan dipasang di kota London dan akan menjadi terbesar di Eropa. Layar ini nantinya akan diberikan koneksi internet berkecepatan tinggi, sehingga dapat menampilkan konten secara online.

8 Alasan Untuk Mulai Menggunakan Format 4K 2 billboard digital outdoor

Layar billboard digital berukuran 790 m2 yang mendukung format 4K

4. Media Sosial pun akan mendukung 4K

Sejak bulan Juli 2017 yang lalu, Facebook sudah menyediakan layanan live streaming untuk video 360 berukuran 4K. CEO Twitter, Jack Dorsey pun tidak mau ketinggalan dengan menyiapkan Twitter agar siap sebagai platform video berkualitas tinggi.

8 Alasan Untuk Mulai Menggunakan Format 4K 3 facebook live streaming video 360

Facebook sudah menyediakan layanan live streaming dengan format 4K

5. Website mulai bersiap untuk layar 4K

Tidak hanya konten video saja, konten online yang disajikan melalui browser pun sudah berkembang untuk dapat disajikan secara optimal pada layar beresolusi tinggi. Selain, tampilan responsif yang sudah diterapkan pada banyak website, elemen grafis yang sifatnya scalable kini sudah mulai banyak digunakan. Format SVG (scalable vector graphics) yang didukung oleh format HTML5 sudah mulai diadopsi oleh para developer web.

8 Alasan Untuk Mulai Menggunakan Format 4K 4 svg scalable vector graphics

Teknologi SVG yang didukung HTML5 menjadi pilihan para web developer

6. Game akan menggunakan format 4K

Perkembangan teknologi grafis komputer semakin memaksimalkan potensi komputer dalam hal real-time rendering yang diterapkan dalam penyajian game. Xbox One X yang akan dirilis November 2017 ini juga akan mendukung format 4K secara native, dan kabarnya pada 2018 nanti game console yang lain juga akan mendukung 4K.

8 Alasan Untuk Mulai Menggunakan Format 4K 5 xbox one x game

Xbox One X akan mendukung game dengan format 4K

So, masih ragu untuk mulai mengadopsi teknologi visual dengan format 4K? Yuk kita upgrade mulai dari sekarang!

, , , , , , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!