About Piksel

7 Tools Baru Untuk Para Desainer Web

Mendesain sebuah web merupakan sebuah proses kreatif yang cukup menantang. Karena, selain harus menghasilkan sebuah tampilan yang menarik, para desainer web juga harus memutar otak untuk mengolah data di dalamnya untuk tetap ringan serta nyaman saat diakses melalui beragam perangkat yang berbeda. Untuk memudahkan para desainer web dalam bekerja, berikut ini 7 aplikasi baru yang canggih dan patut dicoba oleh para desainer web.

1. Guetzli

Guetzli adalah sebuah aplikasi hasil eksperimen dari laboratorium digital milik Google. Dengan Guetzli Anda dapat mengkompres ukuran file JPG sebesar 35 persen lebih banyak dari aplikasi kompresi gambar yang tersedia saat ini. Untuk menggunakan Guetzli, Anda dapat menginstalnya melalui link berikut ini: https://github.com/google/guetzli.

Tools Baru Untuk Para Desainer Web 1 guetzli

2. iotaCSS

Cukup banyak framework CSS yang tersedia untuk membangun tampilan website, namun iotaCSS menawarkan sesuatu yang berbeda. Framework yang dikembangkan oleh Dimitris Psaropoulos ini, mengajak Anda untuk menyusun tampilan website yang secara modular, dengan sejumlah script yang tidak saling bergantung satu sama lainnya. Versi betanya dapat Anda coba melalui link berikut ini: https://github.com/iotacss.

Tools Baru Untuk Para Desainer Web 2 iotacss

3. CodePen Projects

Dikembangkan sejak 2012 oleh Alex Vazquez, Tim Sabat dan Chris Coyier, CodePen terus mengalami improvisasi dan semakin dikenal sebagai tool untuk menyusun struktur tampilan website yang terdiri dari HTML, CSS dan JavaScript. Dan kini tim tersebut merilis sebuah IDE (Integrated Development Environment) khusus untuk mengembangkan website bernama CodePen Projects. Yang menarik dari IDE ini adalah Anda cukup membukanya melalui aplikasi browser, dan Anda dapat membuka beberapa dokumen sekaligus dalam tampilan tab. Penggunaannya yang bersifat online juga memungkinkan Anda untuk melakukan kolaborasi dengan sejumlah developer lainnya. https://codepen.io/pro/projects

Tools Baru Untuk Para Desainer Web 3

4. Launchpad

Bagi Anda pengguna aplikasi Sketch, kini Anda dapat mempublish tampilan website yang dibuat langsung dari Sketch tanpa melakukan coding. Untuk melakukannya Anda cukup menginstal plugin Launchpad untuk Sketch yang dapat didownload secara gratis melalui link beirkut ini: https://launchpad.animaapp.com/.

5. React Sketch.app

Satu lagi tool tambahan yang sangat berguna untuk pengguna Sketch, yaitu React Sketch.app. Dikembangkan oleh tim developer Airbnb, tool ini berguna untuk mengelola aset desain dalam aplikasi sketch untuk sebuah project yang besar dan luas. Library tambahan yang bersifat open-source ini ditujukan untuk menjembatani para desainer dengan developer. Kunjungi halaman blog ini untuk penjelasan lebih lengkap tentang React Sketch.app.

Tools Baru Untuk Para Desainer Web 5

6. SVGito

Aplikasi gratis bernama SVGito ini dikembangkan untuk mengedit file SVG secara manual sehingga lebih optimized dan efisien saat ditampilkan melalui browser web. Aplikasi online yang dikembangkan oleh Peter Nowell ini sangat mudah digunakan, cukup klik satu tombol saja maka dokumen SVG Anda akan diolah menjadi lebih ringan tanpa mengubah tampilannya. http://sketchmaster.com/svg-optimizer

Tools Baru Untuk Para Desainer Web 6

7. Sizzy

Bagi Anda pengembang web app, Sizzy dapat digunakan untuk melihat secara langsung tampilan aplikasi yang Anda buat pada sejumlah perangkat secara sekaligus. Kristijan Ristovski mengembangkan tool ini berdasarkan pengalaman dan kebutuhannya sendiri, namun akhirnya merilisnya untuk publik. https://medium.com/@kitze/introducing-sizzy-a-tool-for-developing-responsive-websites-crazy-fast-39a8c0061992

Tools Baru Untuk Para Desainer Web 7

 

, , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!