About Piksel

Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati?

Adobe Flash merupakan sebuah aplikasi untuk pembuatan animasi yang mendukung interaktifitas melalui penggunaan bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama ActionScript. Sempat booming di akhir 90-an, saat itu banner iklan, website hingga game online dikembangkan menggunakan teknologi Flash. Namun kini namanya tidak lagi sering terdengar, apalagi di kalangan konsumen yang sudah jarang bersentuhan dengan komputer dan lebih sering menggunakan smartphone-nya.

Lalu apakah Adobe Flash benar-benar sudah mati?

Adobe Flash Berganti Nama Menjadi Adobe Animate

Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati Adobe Animate 1

Adobe selaku pengembang aplikasi Flash, memang sudah mengumumkan melalui blog resminya pada akhir tahun 2015 lalu bahwa kedepannya tidak akan ada lagi Adobe Flash versi yang baru. Namun hal itu hanyalah perubahan nama, yaitu dari Adobe Flash menjadi Adobe Animate. Fitur-fitur yang dimiliki Flash semuanya tetap ada di dalam Animate dan ditambahkan sejumlah fungsi yang lebih lengkap. Di paket aplikasi Adobe CC 2017 juga tersedia versi baru Adobe Animate CC 2017 dengan sejumlah fitur yang membuat aplikasi ini tetap powerful. Apakah Adobe Animate merupakan jawaban dari kebutuhan saat ini? Mari kita simak beberapa fakta berikut ini.

1. Mendukung HTML5

Hampir semua aplikasi browser kini sudah menghentikan dukungannya terhadap Flash Player. Untuk menyiasati hal tersebut, Adobe Animate mempersilahkan Anda untuk mempublish animasi dan interaktifitas yang Anda buat ke dalam format HTML5. Agar lebih powerful, Adobe Animate dapat diintegrasikan dengan library JavaScript seperti CreateJS yang terdiri dari modul-modul EaselJS, TweenJS, SoundJS dan PreloadJS. Dengan begitu para desainer web tetap dapat memanfaatkan Adobe Animate untuk menyajikan konten yang kaya dan atraktif.

Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati Adobe Animate html5

2. Output Yang Beragam dan Multipatform

Tidak banyak aplikasi yang memiliki beragam output seperti Adobe Animate yang merupakan pengganti Adobe Flash ini. Anda dapat menghasilkan output yang dapat disajikan dalam berbagai yaitu web, desktop dan mobile. Untuk penyajian melalui web Anda dapat memilih antara HTML5 Canvas dan WebGL, kedua format tersebut tidak membutuhkan plugin khusus seperti Flash Player yang dibutuhkan sebelumnya. Untuk para desainer web yang sering menggunakan aplikasi seperti Adobe Dreamweaver atau Adobe Muse, Adobe Animate dapat mempublish format OAM yang selanjutnya dapat disematkan ke dalam halaman web yang sedang didesain.

Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati Adobe Animate mobile

Untuk penyajian melalui perangkat desktop, Adobe Animate dapat dengan mudah menghasilkan file projector yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan Macintosh. Selain itu dengan teknologi AIR yang masih dikembangkan hingga saat ini, Anda juga dapat mempublish konten berbasis ActionScript 3 untuk disajikan melalui perangkat mobile. Bahkan Anda dapat mempublish file installer untuk Android dan iOS di dalam aplikasi Adobe Animate secara langsung.

3. Menggambar dan Animasi

Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati Adobe Animate animasi

Flash yang dulu sempat dikenal sebagai software pembuatan animasi, kini juga tetap dipertahankan dengan menambah fitur menggambar yang lebih lengkap dan kemampuan untuk menghasilkan animasi secara mudah dan cepat di dalam Adobe Animate. Di versi terbaru Adobe Animate CC 2017, terdapat perbaikan vector brush secara siginifikan untuk menggambar obyek langsung di dalam aplikasi. Selain itu, ditambahkan juga fitur baru berupa virtual camera yang dapat memberikan efek pergerakan kamera seperti zoom in-out dan panning, sehingga tampilan animasi yang Anda buat akan terlihat lebih dinamis.

4. Integrasi Maksimal dengan Adobe CC

Sebagai bagian dari lini produk Adobe CC (Creative Clouds), Adobe Animate terintegrasi dengan alur kerja Creative Clouds yang dibangun oleh Adobe. Mulai dari library Creative Clouds yang memungkinkan untuk menyimpan dan mengambil aset secara instant, koleksi font yang lengkap dari TypeKit, hingga Adobe Portfolio yang memudahkan Anda untuk memajang karya secara online langsung dari dalam aplikasi.

Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati Adobe Animate cc library

Well, Flash mungkin sudah mati dan mulai dilupakan oleh kalangan pengguna selaku penikmat media saat ini. Namun bagi para desainer dan developer yang sudah akrab dengan alur kerja di dalam aplikasi Adobe Flash, maka bermigrasi ke Adobe Animate merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Masih banyak juga teknologi-teknologi powerful yang tersimpan di dalamnya seperti ActionScript, Adobe AIR, dukungan library JavaScript hingga perangkat animasi yang mampu mengekspor animasi dengan resolusi hingga 4K.

, , , , , , , , ,

4 Responses to Apakah Adobe Flash Benar-Benar Sudah Mati?

  1. Sugeng January 11, 2018 at 8:03 pm #

    Mau nanya mas, apakah publish adobe animate ke HTML5 akan berbentuk video atau masih tetap vektor sehingga ukuran filenya bisa kecil.?
    Terima kasih

    • Kukuh Basuki January 11, 2018 at 8:45 pm #

      Standarnya semua vektor akan menjadi PNG mas. Tidak menjadi video.

      • Sugeng January 12, 2018 at 10:31 am #

        Klo animasi gimana? Convert ke video ya? Saya mau cari alternatif untuk elearning agar ada animasinya dan filenya juga masih tetap kecil untuk HTML 5. Selama ini bikin animasi di flash lalu saya publish ke video, jadinya kan besar filenya.
        Tks untuk jawabannya…

        • Kukuh Basuki January 12, 2018 at 10:35 am #

          Untuk elearning bisa ekspor OAM dari flash lalu dimasukkan ke Captivate. Alternatif lain selain flash bisa pakai aplikasi Hype (mac only)

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!