About Piksel

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan?

Saat ini banyak pengembang berlomba-lomba untuk membuat game yang menarik dan canggih dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kemampuan console dan komputer yang semakin kuat dalam mengolah grafis juga turut merangsang munculnya game-game dengan tampilan grafis yang memukau. Tampilan game 3D dan virtual reality (VR) banyak dipilih untuk menampilkan game yang lebih “hidup”. Lalu, bagaimana dengan game 2D? Apakah game dengan tampilan 2D masih disukai? Apakah game 2D masih memiliki potensi untuk menghasilkan uang?

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan

Game 3D tidak selalu lebih baik dari game 2D

Tidak sedikit pengembang yang beranggapan bahwa game 3D lebih baik dari game 2D, bahkan menganggap game 2D lebih mudah untuk dibuat. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit pengembang game justru “tidak berani” menggarap game 2D, karena membutuhkan “sentuhan seni” yang lebih rumit dan detil. Dari segi produk juga terdapat sejumlah kasus yang memperlihatkan kegagalan game 2D yang dibuat ulang ke tampilan 3D. Sebut saja Earthworm Jim dan Castlevania yang sukses saat kemunculannya di console SNES, banyak yang kecewa saat versi 3D-nya dirilis. Mulai dari gameplay yang kaku hingga kontrol yang tidak nyaman, membuat para fans menganggap versi 2D dari game-game tersebut masih lebih baik. Well, terlepas dari bagaimana game design dan pengembangan game itu sendiri dilakukan, hal itu menunjukkan bahwa para penikmat game lebih mencari kesenangan daripada kecanggihan.

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan earth worm jim

Game Earthworm Jim versi 2D dan 3D

Lebih memancing imajinasi

Tidak seperti game 3D yang kita bisa leluasa bergerak dan memandang ke banyak arah, pada game 2D imajinasi lebih terpancing untuk membayangkan bagian-bagian yang tidak terlihat dari visualisasi yang ada. Keterbatasan akses pemain dalam menelusuri sebuah game membuat imajinasi mereka menjadi lebih “liar”. Kekuatan imajinasi itu dimanfaatkan dengan baik oleh pengembang game Home yang cukup populer di Steam. Dengan gaya visual 2D yang terbilang sederhana dan jarak pandang yang terbatas, para pemain mendapatkan perasaan mencekam dan penasaran dengan misteri yang disajikan.

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan home

Game berjudul “Home” yang sederhana namun mencekam

Relatif lebih “ringan”

Untuk mengejar kualitas game yang detil, sebuah game 3D kerap kali harus memiliki tekstur gambar dengan resolusi ribuan piksel agar tetap tajam saat sebuah obyek tampil dalam jarak dekat. Jumlah tris dari sebuah obyek karakter dan environment pun turut berperan dalam menghadirkan suasana yang lebih nyata. Hal itu membuat game 3D menjadi lebih besar file instalasinya dan menuntut kemampuan perangkat yang mumpuni. Sementara pada game 2D, pengembang relatif lebih mudah untuk melakukan optimasi agar game tetap ringan untuk dimainkan dan bisa menjaga ukuran instalasi game cukup kecil. Hal ini dapat terlihat pada kenyataannya bahwa banyak game mobile yang dikembangkan dengan tampilan 2D.

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan limbo

Game Limbo yang luas dan kompleks namun tetap ringan

Tetap bisa memukau

Dengan teknik tertentu dan didukung oleh perkembangan game engine serta software animasi saat ini, game 2D bisa memiliki tampilan yang tidak kalah memukau dari game 3D. Selain melalui proses ilustrasi dan pewarnaan yang baik, pengembang game 2D dapat memanfaatkan fitur seperti partikel dan shadow untuk menambah kekuatan visual dari game mereka. Coba saja tengok game Aquaria dan Owlboy yang berhasil menuai pujian dari para gamer di seluruh dunia karena tampilannya yang memanjakan mata.

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan aquaria

Game Aquaria

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan owlboy

Game Owlboy

Masih laku dan menjual

Game dengan penjualan yang tinggi tidak semuanya menggunakan tampilan 3D. Game seperti RimWorld dan Stardew Valley yang menggunakan tampilan grafis 2D memiliki angka penjualan yang menakjubkan dan termasuk game yang paling banyak dibeli di Steam. Toge Productions, sebuah studio game lokal yang terkenal dengan game 2D berjudul Infectonator Survivors, belum lama ini juga mendapatkan kucuran dana investasi dari Discovery Nusantara Capital (DNC). Hal itu menunjukkan bahwa game 2D memiliki potensi dan daya tariknya tersendiri.

Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan rimworld

Game Rimworld salah satu game paling laris di Steam

So, bagaimana dengan pendapat Anda tentang game 2D? Atau Anda termasuk yang juga mengembangkan game 2D? Silahkan sampaikan pendapat dan pengalaman Anda pada bagian komentar di bawah ini.

, , , ,

2 Responses to Apakah Game 2D Masih Potensial Untuk Dikembangkan?

  1. imagamer March 12, 2017 at 12:58 pm #

    Masih, yang suka pixel art ginj atau gambar 2D juga masih banyak. Terus game jadul banyak yang masih keren walau dimainin saat inj karena bukan cuma ditunjanh dari sisi grafis, tapi memang story yang mateng juga. Kalau saya sendiri lebih memilih game dari story nya dulu , jadi kalau grafik bagus story busuk tetap saja terasa menbosankan, kalau kedua duanya bagus lebih baik lagi . cuma opini

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!