About Piksel

Apple ARKit Memudahkan Pengembangan Augmented Reality

Di ajang Apple Wordwide Developers Conference (WWDC) 2017 yang baru saja digelar kemarin, banyak app dan game developer yang dibuat penasaran dengan dirilisnya sebuah framework bernama Apple ARKit. Keberadaan istilah AR di dalamnya, cukup menjelaskan bahwa ARKit ditujukan sebagai tool pengembangan konten Augmented Reality (AR). Namun bagaimana persisnya developer dapat memanfaatkan ARKit ini?

Apple ARKit Memudahkan Pengembangan Augmented Reality

Apple ARKit memudahkan para developer dalam mengembangkan aplikasi dan game Augmented Reality (AR)

Apple ARKit sebagai framework pengembangan iOS

Dalam acara WWDC 2017 Apple menyebut ARKit ini sebagai sebuah alat bantu dalam menyajikan konten AR melalui perangkat iOS. Bagi kalangan developer, ARKit ini dapat menggantikan framework AR lainnya seperti Vuforia dan ARToolkit untuk keperluan plane estimation dan motion tracking. ARKit pun akan menjadi pilihan utama bagi developer yang ingin mengembangkan aplikasi atau game untuk perangkat iOS, karena ini merupakan framework yang secara resmi dan native dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat iOS.

Tidak hanya native support untuk perangkat iOS, AKRit juga menawarkan motion tracking yang cepat dan stabil, penentuan lokasi obyek di tempat yang umum seperti meja, penentuan cahaya berdasarkan keadaan tempat hingga penentuan ukuran obyek sesuai dengan tempat yang ditargetkan.

Apple ARKit Memudahkan Pengembangan Augmented Reality 1

Apple ARKit mendukung game engine seperti Unity, Unreal dan SceneKit

Mendukung game engine seperti Unity, Unreal dan SceneKit

Bagi developer yang terbiasa menggunakan game engine seperti Unity dan Unreal, ARKit ini juga dapat dimanfaatkan sebagai framework tambahan yang akan memberikan kemampuan AR dalam game yang dikembangkan. Saat mengumumkan ARKit di tengah acara WWDC 2017 kemarin, ditampilkan sebuah game berjudul Wingnut AR yang dikembangkan menggunakan ARKit dan game engine Unreal. Nampak sekali bahwa game tersebut dapat menyajikan tampilan AR yang sangat akurat dan stabil hanya dengan mengarahkan perangkat iPad ke sebuah meja tanpa obyek khusus apapun.

Selain game engine Unity dan Unreal, ARKit tentunya juga dapat digunakan bersama SceneKit, sebuah framework game 3D native yang disediakan oleh Apple dan dapat digunakan melalui IDE Xcode dan bahasa pemrograman Swift.

Berbeda dengan Tango, sebuah framework AR yang dikembangkan oleh Google dan hanya terbatas untuk perangkat Android tertentu saja, ARKit diklaim dapat digunakan pada seluruh jenis perangkat berbasis iOS yang dimiliki Apple. Perangkat iOS dengan prosesor minimum A9 dan A10 disebut akan mampu mengakses konten berbasis ARKit. Tertarik untuk mencoba ARKit sebagai framwork pengembangan konten AR Anda? Kunjungi halaman website Apple untuk ARKit berikut ini: https://developer.apple.com/arkit.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!