About Piksel

Blackmagic eGPU Untuk Video, 3D dan VR

Blackmagic Design merupakan salah satu dari sedikit perusahaan yang sukses dengan produk software sekaligus hardware-nya. Melanjutkan fokusnya kepada segmen kreatif digital, khususnya video dan sinematografi, perusahaan ini kembali merilis sebuah perangkat yang berupa eGPU atau External GPU yang diberi nama Blackmagic eGPU.

Blackmagic eGPU Untuk Video 3D dan VR 4

Blackmagic eGPU hasil kolaborasi Blackmagic dan Apple

GPU (Graphics Processing Unit) merupakan perangkat yang vital untuk tahap pemrosesan data grafis di komputer. Dan hingga saat ini, banyak kalangan kreatif digital pengguna Apple menuntut spesifikasi yang lebih tinggi lagi pada produk-produknya seperti MacBook Pro dan iMac. Hal itu akhirnya terjawab dengan kolaborasi resmi antara Blackmagic Design dan Apple yang menghasilkan Blackmagic eGPU untuk dapat diguanakan pada komputer-komputer keluaran Apple.

Dirancang khusus untuk DaVinci Resolve

Blackmagic eGPU Untuk Video 3D dan VR 3

Blackmagic eGPU awalnya dirancang untuk pengguna DaVinci Resolve

Pada awalnya, pada dokumen press release, perangkat ini dirancang secara khusus untuk menunjang workflow para professional video yang menggunakan DaVinci Resolve. Aplikasi editing video yang berhasil menuai sukses dengan jumlah pengguna yang cukup besar ini memang sejak lama tersedia di platform MacOS dan populer di kalangan pengguna komputer Apple. Sebagai komparasi, dengan menggunakan eGPU ini pengguna DaVinci Resolve akan mendapatkan kinerja yang berlipat, dan itu akan terasa pada pengolahan Noise Reduction, Film Grain dan Temporal NR.

Blackmagic eGPU Untuk Video 3D dan VR - macbook pro 15

Pengaruh kinerja Blackmagic eGPU di perangkat Mac Book Pro 15 inci

Blackmagic eGPU Untuk Video 3D dan VR - macbook pro 13

Pengaruh kinerja Blackmagic eGPU di perangkat Mac Book Pro 13 inci

Blackmagic eGPU itu sendiri menggunakan kekuatan prosesor grafis Radeon Pro 580 dengan 8GB GDDR5 RAM serta 256-bit memory bandwith. Radeon Pro 580 yang diklaim mampu mengolah data 38,4 miliar piksel per detik ini mendukung teknologi grafis Metal milik Apple,  sehingga akan mampu bekerja sama dengan baik untuk memaksimalkan pengolahan grafis di komputer berbasis MacOS. Untuk menghubungkan perangkat ini ke komputer pun terbilang sangat mudah, pengguna dapat memanfaatkan koneksi Thunderbolt 3 yang mendukung kecepatan 40 gb/s itu.

Berguna untuk Gaming dan VR

Walaupun dirancang untuk proses editing menggunakan DaVinci Resolve, namun Blackmagic akhirnya mempromosikan perangkat ini untuk sejumlah kalangan pengguna lainnya, mulai dari 3D gaming hingga VR (Virtual Reality). Hal itu sangatlah wajar, karena dengan kemampuan pengolahan grafis yang dimilikinya, Blackmagic eGPU akan mampu menunjang kegiatan lainnya yang membutuhkan spesifikasi grafis tinggi. Dengan kemampuan yang ditawarkan seperti ini, pengguna aplikasi seperti Unity dan Unreal yang menggunakan komputer Apple dapat memanfaatkannya untuk menambah kecepatan pengolahan grafis real-time yang sangat diimpikan selama ini.

Blackmagic eGPU Untuk Video 3D dan VR 5

Blackmagic eGPU dapat digunakan untuk keperluan 3D gaming

Blackmagic eGPU Untuk Video 3D dan VR 6

eGPU ini juga sangat menunjang untuk Virtual Reality

Bagi Anda yang naksir berat dengan perangkat ini nampaknya harus bersabar, karena di Amerika Serikat saja Blackmagic eGPU masih terbatas penjualannya hanya di toko online resmi milik Apple.

, , , , , , , , , ,

2 Responses to Blackmagic eGPU Untuk Video, 3D dan VR

  1. Ihya July 18, 2018 at 5:09 pm #

    Wuih jadi semacam portable GPU gitu ya? Sayang cuman di Apple.
    Kalau untuk video editing menurut saya masih masuk akal, mengingat tidak sedikit film editor yang menggunakan Mac.
    Kalau untuk gaming? Bukannya jarang ya game berat ada di platform Mac?

    • Kukuh Basuki July 18, 2018 at 7:40 pm #

      Yup, semacam GPU portable. Btw sudah banyak game untuk Mac di Steam 🙂

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!