About Piksel

“Different” (HelloFest 2016 for Best Animated Short Film)

Film pendek “Different” ini dibuat oleh Gerald Karman selaku animator untuk Tugas Akhir di Universitas Bina Nusantara jurusan Animasi. Tujuan film animasi pendek ini dibuat agar masyarakat Indonesia mengerti tentang arti perbedaan dan tidak lagi mengkotak-kotak an status sosial, budaya, maupun agama. Dan juga Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kebudayaan dan suku yang banyak ragamnya.

Saksikan filmnya di sini.

Konsep dari cerita pada film pendek ini menggunakan konsep majas asosiasi (perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berbeda, tetapi dianggap sama). Film pendek ini bukan hanya sekedar menceritakan pria dan wanita yang pada akhirnya saling suka dan ingin bertemu saja. Saya menyelipkan perumpamaan-perumpaan pada film pendek ini juga.

Different - Hellofest 2016 for Best Animated Short Film 2

  • Dua kota yang berbeda warna memiliki arti pengkotak-kotakan status sosial, budaya, dll yang ada di masyarakat. Dan perbedaan ini akan tetap ada sampai kapanpun.
  • Jalan dan mobil yang berlalu lalang sebagai penghalang antar status sosial yang ingin berbaur.
  • Karakter laki-laki yang berubah warna memiliki arti bahwa setiap manusia, atau status sosial memiliki warna nya masing2, yaitu warna yang dapat membahagiakan orang lain.
  • Pada saat karakter laki-laki menyeberang sendiri dan gagal, memiliki arti bahwa kita tidak bisa menyelesaikan suatu masalah hanya satu pihak saja, masalah harus diselesaikan bersama oleh kedua pihak. Oleh karena itu pada saat karakter laki-laki dan perempuan bersamaan menyebrang mereka berhasil.
  • Payung wanita yang terbang melambangkan kebebasan dari seseorang untuk mulai menerima dan mencoba berbaur dengan status sosial lain.
  • Mobil terbang (pada akhir cerita) melambangkan bahwa penghalang itu hanyalah sebuah ilusi yang diciptikan manusia itu sendiri. Sebenarnya penghalang yang sesungguhnya ada pada dalam diri kita sendiri.
  • Langit kedua kota sama, melambangkan bahwa kita hidup di bawah langit yang sama, bumi yang sama.

Film animasi ini dibuat menggunakan software 3ds Max untuk modeling, rigging dan skinning, animasi, sampai render ‘mentah’. Hasil render ‘mentah’ tersebut kemudian di racik pada tahap Post Production dengan menggunakan Adobe After Effects. Teknik modeling yang digunakan menggunakan teknik ‘Poly modeling’, rigging menggunakan CAT, dan render engine menggunakan Scanline agar dapat menghemat waktu.

Different - Hellofest 2016 for Best Animated Short Film 3ds Max

Different - Hellofest 2016 for Best Animated Short Film 3ds Max 1

Menurut Gerald, pengalaman yang agak ‘tricky’ pada saat mengerjakan film animasi ini adalah pada saat proses rendering  di 3ds Max. “Berhubung Film animasi ini juga sebagai karya Tugas Akhir saya di Binus, penyelesaiannya juga memiliki batas waktu / deadline yang cukup singkat”, ungkapnya. Pernah supervisor tempat dimana ia magang berkata “kalau kamu bisa menghasilkan kualitas yang bagus dengan waktu yang singkat dengan render engine Scanline, kamu tidak perlu melakukannya dengan render engine V-Ray yang memakan waktu cukup lama. Kamu bisa mempercantik hasil render mentah pada saat compositing”. Mengingat hal itu, Gerald mulai mencoba mencari cara untuk meminimalisir waktu render dengan memainkan render setting, dan pengaturan lighting. Pada akhirnya ia berhasil mempersingkat waktu render yang apabila menggunakan V-Ray memakan waktu 2-3menit/frame, tetapi dengan menggunakan Scanline hanya memakan waktu 10-20detik/frame.

Dalam hal musik (scoring) untuk film ini Gerald menggandeng Tofan Iskandar, seorang komposer musik yang juga menyukai dunia film. Awalnya Gerald mengenal Tofan Iskandar (komposer musik Different) dikenalkan oleh teman kuliahnya. Tofan ternyata sedang mencari film pendek untuk Tugas Akhir-nya. Tofan bersekolah musik di Sjuman School of Music dan tugas akhirnya adalah menciptakan lagu orkestra untuk sebuah film pendek sampai memimpin langsung orkestra tersebut (kondaktor). Dan pada akhirnya film pendek “Different” yang ia pilih.

, , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!