About Piksel

Final Cut Pro X 10.3 Semakin Powerful

Final Cut Pro X sempat dibenci saat awal kemunculannya, karena tampilan dan workflow-nya yang jauh berbeda dengan versi sebelumnya (Final Cut Pro 7). Namun kini, aplikasi editing yang terkenal dengan “magnetic timeline”-nya itu justru semakin diminati oleh kalangan video editor, khususnya yang menggunakan perangkat Apple Macintosh sebagai alat kerjanya. Beberapa waktu yang lalu, Apple merilis versi update terbaru Final Cut Pro X 10.3 dengan sejumlah fitur baru serta improvisasi tampilan yang cukup signifikan. Update kali ini merupakan salah satu yang paling terasa sejak awal kemunculannya di tahun 2011.

Tampilan baru Final Cut Pro X 10.3

final cut pro x 10 3 indonesia piksel magazine 1

Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan Final Cut Pro X sebelumnya, perubahan yang paling mudah terlihat dari versi kali ini adalah tampilannya yang mengalami sejumlah perubahan. Tampilan antarmukanya kini terlihat sedikit lebih gelap dan lebih minimalis. Sejumlah tombol dan ikon di dalamnya didesain ulang, hal ini diklaim untuk menambah fokus saat bekerja bagi para penggunanya. Tata letak layoutnya pun tetap dibuat efisien sehingga pengguna dapat bekerja secara nyaman saat menggunakan perangkat desktop maupun perangkat MacBook dengan layar yang lebih kecil.

Magnetic Timeline 2

final cut pro x 10 3 indonesia piksel magazine 2

Apple memberikan istilah Magnetic Timeline 2 untuk fitur timeline di Final Cut Pro X 10.3. Dengan fitur ini, Anda dipersilahkan untuk menentukan peran untuk masing-masing klip yang diedit dan memberikan kode warna untuk lebih memudahkannya. Dengan begitu, pengelolaan elemen audio di timeline pun akan terasa lebih mudah dan nyaman. Bagi Anda yang menyukai manajemen timeline yang rapi dan mudah diedit kembali di lain waktu, Magnetic Timeline 2 ini akan memfasilitasi Anda untuk itu.

Mengolah video RAW dengan kedalaman warna yang tinggi

final cut pro x 10 3 indonesia piksel magazine 3

Di kalangan video maker profesional, format video RAW sudah menjadi kebutuhan penting untuk mendapatkan kedalaman warna yang lebih tinggi (wide gamut). Final Cut Pro X 10.3 sudah mendukung data video yang memiliki format warna Rec. 2020, sehingga Anda dapat langsung mengolah data video tersebut di dalamnya. Dengan kemampuan ini, Anda dapat menampilkan konten video dengan warna yang maksimal di layar UHD, flat panel LCD dan layar dengan teknologi modern terkini lainnya.

Hal-hal yang disebutkan di atas hanyalah beberapa dari segudang update yang bisa ditemukan dalam Final Cut Pro X 10.3. Masih banyak hal baru yang dapat dicoba di dalamnya, seperti “flow transition” untuk menghaluskan sambungan dua klip yang memiliki jeda, “timecode effect” untuk menampilkan timecode di atas tampilan video, hingga tampilan inspector yang dapat disajikan secara fullscreen untuk kemudahan dalam bekerja.

final cut pro x 10 3 indonesia piksel magazine 4

So, apa fitur baru di FCP X 10.3 yang paling Anda sukai? Sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar di bagian bawah.

, , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!