About Piksel

Fitur-Fitur Baru Adobe Illustrator CC 2018

Adobe Illustrator sebagai aplikasi desain grafis yang sudah sejak lama menjadi standar industri ini turut mendapatkan sejumlah update melalui versi terbarunya yaitu Adobe Illustrator CC 2018. Walaupun jumlah fitur baru yang diusung kali ini dianggap terlalu sedikit oleh para penggunanya, namun ternyata terdapat sejumlah kecanggihan yang patut untuk dicoba. Apa saja fitur-fitur baru Adobe Illustrator CC 2018 tersebut? Mari kita simak satu-persatu.

Fitur-Fitur Baru Adobe Illustrator CC 2018 4

Adobe Illustrator CC 2018 Memiliki Properties Panel Yang Baru

Jika Anda cukup akrab dengan aplikasi besutan Macromedia seperti Flash dan Fireworks yang akhirnya diakusisi oleh Adobe, maka Anda akan tidak asing dengan fitur Properties Panel. Fitur ini memang nampak sederhana, namun pada prakteknya sangatlah berguna dalam proses pengerjaan sebuah artwork. Properties Panel merupakan panel yang akan membuka sejumlah fitur editing obyek yang terseleksi, dimana tampilannya akan berubah sesuai dengan jenis obyek yang diseleksi.

Puppet Wrap Tool

Sebagai aplikasi desain berbasis vektor, kali ini Adobe Illustrator menawarkan fitur manipulasi obyek bernama Puppet Wrap Tool yang berguna untuk mengubah tampilan obyek secara instant. Dengan menggunakan tool ini, Anda akan  mampu mengubah bentuk sebuah obyek hanya dengan menentukan titik poros yang diinginkan, lalu putar atau geser sesuai kebutuhan.

SVG OpenType

Mulai versi ini, Adobe Illustrator mendukung penggunaan OpenType dengan format SVG. Hal ini membuka pintu yang lebih luas untuk proses kreatif yang melibatkan teks. Dengannya, Anda dapat membangun variasi warna, gradasi dan transparansi pada teks tanpa harus melakukan tahap editing yang rumit.

Fitur-Fitur Baru Adobe Illustrator CC 2018 3

Font emoji merupakan salah satu contoh OpenType yang berformat SVG

Selain elemen visual yang beragam, dukungan Illustrator terhadap OpenType memberikan Anda kemungkinan untuk melakukan modifikasi ketebalan, lebar dan atribut teks lainnya tanpa mengganggu desain dasar font yang dipakai.

Fungsi Touch Bar di MacBook Pro

Untuk Anda yang sudah menggunakan MacBook Pro dengan fungsi Touch Bar, sejumlah tools di Adobe Illustrator CC 2018 kini dapat diakses di dalamnya. Fitur yang sempat diremehkan ini ternyata diklaim oleh sejumlah desainer sebagai salah satu alat bantu yang mampu memberikan efisiensi lebih dalam bekerja.

Fitur-Fitur Baru Adobe Illustrator CC 2018 5

Fungsi Adobe Illustrator pada Touch Bar di MacbookPro yang dapat dapat diakses

Selain perangkat besutan Apple tersebut, Adobe Illustrator juga menambahkan dukungan untuk Microsoft Dial yang dimiliki oleh perangkat Surface Studio dari Microsoft.

Fitur-Fitur Baru Adobe Illustrator CC 2018 6

Adobe Illustrator juga mendukung fungsi Microsoft Dial di perangkat Surface Studio milik Microsoft

Beberapa fungsi yang dapat diakses melalui Dial adalah Undo/ Redo, Arrange, Zoom, Artboard Navigation, Tool Rotate, Scale, Brush, Blob Brush, dan Eraser. Selain Adobe Illustrator, fungsi Dial ini juga dapat digunakan pada aplikasi lain sepert Adobe Photoshop CC 2018.

Well, selain sejumlah update di atas, masih ada fitur-fitur baru lainnya yang disediakan dalam Adobe Illustrator CC 2018. Untuk Anda yang ingin bermain dengan desain 3 dimensi, coba simak juga pembahasan tentang tersedianya plugin Cineware untuk Adobe Illustrator yang belum lama ini dirilis.

Bagaimana dengan Anda? Apa fitur baru yang menjadi favorit Anda kali ini? Silahkan sampaikan pada bagian komentar di bawah ini ya!

, , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!