About Piksel

iMac Pro Diluncurkan Akhir Tahun Ini

Selain mengumumkan produk-produk retail dan framework terbarunya, pada acara Apple Wordwide Developers Conference (WWDC) 2017 kemarin Apple mengumumkan perangkat komputer Macintosh terbarunya yaitu iMac Pro. Tidak seperti versi iMac sebelumnya, iMac Pro dirancang secara khusus untuk kebutuhan industri kreatif digital tingkat tinggi seperti animasi dan video compositing.

iMac Pro Diluncurkan Akhir Tahun Ini 3

Beberapa waktu belakangan ini, para praktisi CGI, animator dan video editor kerap mengeluhkan kemampuan komputer Macintosh yang dirasa mulai tertinggal dari komputer work-station berbasis Windows yang beredar di pasaran. Padahal Apple memiliki sejumlah aplikasi powerful yang fitur-fiturnya terbilang unik dan nyaman digunakan seperti Final Cut Pro X, Motion dan Logic Pro X. Namun fenomena tersebut nampaknya berhasil dijawab oleh Apple dengan diluncurkannya iMac Pro yang diklaim akan mampu menjadi perangkat yang dapat diandalkan untuk kebutuhan pengolahan grafis tingkat tinggi.

iMac Pro dengan 18-core Intel Xeon

Yang cukup membuat mata terbelalak saat melihat kehadiran iMac Pro bukanlah model bodynya yang sepintas agak mirip dengan versi iMac sebelumnya, namun spesifikasi teknis di dalamnya yang disebut memiliki prosesor hingga Intel Xeon 18 core. Spesifikasi ini terbilang sangat tinggi dan setara dengan perangkat komputer yang digunakan untuk film-film Hollywood sekalipun. Namun bagi Anda yang tidak mengejar spesifikasi “gila” seperti itu, iMac Pro tersedia pula dalam versi 8 dan 10 core. Untuk mendukung menjalankan prosesor kencang miliknya, iMac Pro didukung dengan 32 GB RAM DDR4 yang dapat ditingkatkan hingga 128 GB.

iMac Pro Diluncurkan Akhir Tahun Ini 2

Layar Retina Display dengan resolusi 5K

Untuk pengolahan grafis yang maksimal, kartu grafis Radeon Pro Vega 56  dengan memori 8 GB HBM2 pun disematkan didalamnya sehingga mampu menampilkan gambar berkualitas tinggi pada layar 27 inci miliknya yang beresolusi 5K (5120×2880 piksel). Selain itu terdapat pula versi yang lebih tinggi dengan kartu grafis Radeon Pro Vega 64 dengan memori 16 GB HBM2. Ingin menambahkan monitor eksternal dari iMac Pro? Perangkat ini mampu menampilkan ke empat layar eksternal sekaligus dengan resolusi 4K atau 2 layar eksternal dengan resolusi 5K.

iMac Pro Diluncurkan Akhir Tahun Ini 4

Storage dan konektivitas

iMac Pro dibekali media penyimpanan berupa 1 TB SSD yang dapat diupgrade menjadi 2 atau 4 TB SSD, kapasitas sebesar ini sudah cukup rasanya untuk menampung data-data multimedia yang pada umumnya berukuran raksasa. Dalam hal konektivitas pun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena perangkat ini memiliki 4 slot USB 3, 4 slot Thunderbolt 3, dan slot Ethernet yang mendukung koneksi RJ‑45 dengan kecepatan hingga 10 GB. Dengan konektivitas seperti ini, pekerjaan yang dilakukan secara kolaborasi dapat berjalan dengan sangat lancar.

Tertarik untuk memiliki iMac Pro? Siapkan saja dana sekitar 5000 dolar untuk membelinya setelah diluncurkan pada Desember tahun ini. Selamat menabung! 🙂

 

, , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!