About Piksel

Membuat Aplikasi VR dengan React VR

Untuk membuat aplikasi VR (Virtual Reality) pada umumnya seseorang perlu memahami game engine dan aplikasi 3D. Dan kebanyakan yang dengan mudah mengadopsi teknologi tersebut adalah mereka yang berasal dari kalangan 3D artist, game developer atau multimedia designer. Namun kini tersedia sebuah solusi untuk para web developer yang lebih akrab dengan Javascript, yaitu dengan menggunakan sebuah library yang baru diperkenalkan belum lama ini yaitu React VR.

Membuat Aplikasi VR dengan React VR 3

React VR dikembangkan oleh tim developer Oculus bersama komunitas pengguna React sebagai salah satu framework Javascript yang sangat populer. React VR masih mengacu kepada library yang dimiliki oleh React dan React Native, namun dirancang secara khusus untuk menyajikan konten VR. Dengan React VR, kini para developer dapat membuat konten VR berbasis web hanya dengan menggunakan Javascript dan tools web development yang umum digunakan. Dalam menyajikan visualisasinya, React VR menghubungkan sejumlah API seperti WebGL dan WebVR untuk menampilkannya melalui perangkat VR.

React VR mempersilahkan Anda untuk mengakses komonen-komponen React untuk mengolah scene 3D, menggabungkan foto 360 dengan teks, grafis dan antarmuka 2D. Anda juga dapat menambah suasana ruang dengan elemen audio dan video yang dapat dikombinasikan dengan elemen 3D. Jika Anda pernah menggunakan React, maka Anda akan mampu membuat konten VR menggunakan React VR. Salah satu implementasi konten VR berbasis web yang memanfaatkan React VR dapat Anda lihat di salah satu halaman situs British Museum ini: http://vr.britishmuseum.org.

Tertarik untuk mencoba membuat aplikasi VR dengan React VR? Kunjungi saja halaman Githubnya berikut ini: https://github.com/facebook/react-vr.

 

 

, , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!