About Piksel

Mengenal Apa Itu HEIF dan HEVC

Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi yang paling disegani sejak lama hingga saat ini harus diakui pengaruhnya terhadap perkembangan media digital. Format QuickTime yang dibuat pada tahun 1991 oleh Apple, terus digunakan pada banyak perangkat digital hingga saat ini. Dan baru-baru ini Apple pun kembali mencetuskan penggunaan 2 format media baru yaitu HEIF (High Efficiency Image Format) untuk gambar dan HEVC (High Efficiency Video Coding) untuk video. Lalu, apa itu HEIF dan HEVC?

Mengenal Apa Itu HEIF dan HEVC 5

HEIF untuk gambar berkualitas tinggi

Dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG), HEIF merupakan teknologi kompresi yang ditujukan untuk menyimpan data yang lebih banyak secara padat namun tetap menjaga ukuran file tetap kecil. Gambar yang berformat HEIF itu sendiri akan memiliki ekstensi file .HEIC (High Efficiency Image Container). Saat ini perangkat yang mendukung langsung format gambar ini baru perangkat iPhone 7 atau yang lebih baru (iOS 11) dan komputer Macintosh yang menggunakan sistem operasi MacOS High Sierra.

Mengenal Apa Itu HEIF dan HEVC 6

Apple menggunakan HEIF untuk perangkat berbasis iOS 11 dan MacOS High Sierra

Saat diumumkan penggunaannya, HEIF kerap diklaim sebagai pembunuh format JPEG yang sudah umum digunakan sejak 25 tahun yang lalu itu. Hal itu karena HEIF memiliki kemampuan dua kali lebih baik dari JPEG, terutama dalam hal kompresi data sekitar dua kali lipat. Selain itu terdapat sejumlah kemampuan yang dimiliki oleh HEIF untuk menyimpan data gambar, yang diantaranya adalah:

  • mendukung alpha channel (transparansi seperti yang dimiliki PNG)
  • memiliki kedalaman warna 16 bit (tidak eseperti JPEG yang hanya 8 bit)
  • mampu menyimpan image sequence (seperti animasi GIF)
Mengenal Apa Itu HEIF dan HEVC 7

Perbandingan kualitas antara HEIF dan JPEG

HEVC mendukung video 8K

Perkembangan teknologi perekaman video saat ini tidak lagi sekedar di tingkat HD saja, video 4K sudah semakin banyak dikonsumsi dan tidak sedikit film yang sudah direkam dalam format 8K. Dan kini teknologi H264 dianggap sudah tidak mampu lagi mengkompresi file-file video beresolusi tinggi, sehingga ukurannya semakin membengkak dan tidak nyaman untuk diakses secara online (streaming). Untuk itulah format kompresi HEVC atau yang dikenal dengan H265 ini dikembangkan. Secara umum HEVC diklaim mampu mengkompres ukuran file video 40% lebih baik dari H264, namun pada perangkat iOS tingkat kompresinya mencapai dua kali lipat.

Mengenal Apa Itu HEIF dan HEVC 4

HEVC mampu menyimpan video berukuran file sama dengan kualitas yang lebih tinggi

Tidak seperti format gambar HEIF yang menggunakan ekstensi baru seperti .HEIC, video yang disimpan dalam format HEVC akan tetap menggunakan ekstensi yang sudah populer sebelumnya seperti .MOV ataupun .MP4. Baik HEIF dan HEVC, kabarnya akan dijadikan standar penyajian media online melalui browser internet yang mendukung HTML5.2 nantinya.

Mengenal Apa Itu HEIF dan HEVC 3

Saat ini mungkin Anda bertanya, apakah HEIF dan HEVC hanya akan dapat digunakan pada perangkat Apple saja? Jawabannya adalah tidak, karena HEIF dan HEVC bukan dikembangkan oleh Apple dan akan diterapkan pada perangkat-perangkat lainnya.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!