About Piksel

The Man in the High Castle: Visual effects menggunakan Blender

Branstorm VFX sebuah  studio yang berbasis di Burbank, California – Amerika Serikat baru saja merilis sebuah video breakdown yang memperlihatkan proses pengerjaan visual effects untuk film seri ‘The Man in the High Castle – Session 2’. Yang membuat video breakdown ini unik adalah adanya pernyataan dari pihak studio bahwa seluruh pengerjaan CGI di dalam produksi film seri tersebut menggunakan aplikasi Blender. Pengerjaan visual effects menggunakan Blender merupakan sesuatu hal yang masih jarang dilakukan, khususnya dalam pengerjaan proyek komersial.

Mengapa Barnstorm VFX mengembangkan visual effects menggunakan Blender?

Studio Barnstorm VFX memang baru saja memutuskan menggunakan Blender sebagai salah satu perangkat kerjanya beberapa tahun yang lalu. Hal itu dipicu oleh kecanggihan yang dimiliki Blender dan menyediakan kemungkinan untuk memberikan kebebasan para artist-nya ketimbang menggunakan aplikasi komersial seperti Maya sekalipun.

Sebelumnya tim Barnstorm VFX sudah melakukan sejumlah riset dalam memanfaatkan segenap kemungkinan dalam membuat visual effects menggunaan Blender. Mereka juga mengeluarkan dana untuk melakukan pengembangan untuk membangun alur kerja para artist yang akan mengerjakan visual effects menggunakan Blender.

the man in the high castle visual effects menggunakan blender 1

the man in the high castle visual effects menggunakan blender 2

the man in the high castle visual effects menggunakan blender 4

the man in the high castle visual effects menggunakan blender 3

the man in the high castle visual effects menggunakan blender barnstorm vfx team

Tim produksi di studio Barnstorm VFX

Mengkombinasikan Blender dengan Nuke dan Mocha

Barnstrom VFX masih memanfaatkan teknologi yang dimiliki aplikasi seperti NukeX untuk keperluan 3D tracking serta Mocha untuk 2D/planar tracking. Semua materi grafis yang sudah dikembangkan menggunakan Blender melalui proses modeling, animasi dan rendering, selanjutnya diolah dan disatukan kembali menggunakan aplikasi compositing. Namun mereka juga menegaskan bahwa composting final di Blender tetap mungkin dilakukan.

Masih belum percaya visualisasi CGI tersebut menggunakan Blender? Telusuri karya-karya studio Barnstorm VFX lainnya di website resmi mereka yang beralamat di http://www.barnstormvfx.com, ikuti juga pembahasan tentang video breakdown ini di sebuah postingan reddit berikut ini: https://www.reddit.com/r/IAmA/comments/5rvwo2/we_produced_the_visual_effects_for_man_in_the/.

, , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!