About Piksel

Unity 2017: Game Engine Generasi Baru

Unity 5 merupakan versi Unity yang telah hadir sejak tahun 2014 dan hingga kini telah mencapai versi 5.5, dan versi terbaru sekaligus terakhirnya nanti yaitu Unity 5.6 akan dirilis pada 31 Maret nanti. Eits, tunggu sebentar. Unity 5.6 sebagai versi terbaru sekaligus terakhir? Maksudnya? Ya, di tengah acara Game Developers Conference (GDC) 2017 yang sedang berlangsung saat ini, Unity Technologies mengumumkan bahwa Unity 5.6 yang akan dirilis sebentar lagi akan menjadi penutup dari versi Unity 5. Dan selanjutnya akan hadir sebuah game engine baru yang disebut dengan nama Unity 2017. Seperti yang dituliskan pada halaman blog-nya, Unity 2017 rencananya akan dirilis versi beta-nya pada April nanti.

Unity 2017 Untuk Para Artist dan Desainer

unity 2017 cinemachine timeline sequencer 1

Unity 2017 akan memanjakan para artist dan desainer

Bukan rahasia lagi kalau Unity kerap ditakuti karena terbatasnya fitur yang mudah digunakan oleh kalangan artist dan desainer. Sejumlah game engine lain memiliki fitur visual scripting, sebuah perlengkapan untuk memprogram berjalannya sebuah game secara visual. Sementara untuk melakukan visual scripting di Unity, para penggunanya harus membeli aset tambahan seperti Playmaker dan Blox yang harganya puluhan dolar atau Nottorus yang mencapai ratusan dolar. Namun, di versi Unity 2017 nanti Unity mengklaim bahwa game engine tersebut akan memiliki sejumlah fitur yang akan memanjakan para artist dan desainer.

Timeline dan Cinemachine

Unity Technologies nampaknya cukup berani menanamkan sejumlah kemampuan baru yang mendukung para artist dan desainer dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari para technical artist, lighting artist, animator dan yang lainnya. Salah satu yang sudah cukup lama dinantikan oleh para pengguna Unity adalah tool sequencer, yaitu perangkat penyusunan animasi yang bersifat “drag and drop” untuk membangun koreografi animasi dengan tambahan suara, video, events dan sebagainya. Di Unity 2017, fungsi ini akan diperkenalkan dengan istilah timeline.

unity 2017 cinemachine timeline

Fitur timeline di Unity 2017 yang didukung dengan CInemachine

Fitur timeline ini akan didukung oleh sebuah perangkat yang diberi nama Cinemachine, yaitu semacam fitur seperti kamera yang lebih canggih untuk menyajikan gameplay secara dinamis, cutscene, hingga animasi untuk film atau TV. Dengan Cinemachine ini Anda akan diajak untuk memasang sejumlah kamera yang akan mengikuti sesuai arahan dalam rangka menampilkan susunan shot berdasarkan skenario yang dibuat. Kemampuan cinemachine sempat dipamerkan di tengah presentasi Unity Technologies pada acara GDC 2017 yang video rekamannya dapat Anda simak di YouTube. Tidak sabar untuk menggunakan timeline dan cinemachine ini? Unity sudah merilis package versi beta-nya yang dapat diikuti dan didownload melalui sejumlah postingan forum Unity, dan saat ini cukup aman untuk Anda instal ke dalam project Unity versi 5.4.

Sejauh ini memang belum begitu banyak informasi yang lebih detil tentang Unity 2017, karena Unity masih berfokus untuk memastikan kelancaran perilisan Unity 5.6 dalam waktu dekat ini. Anda memiliki informasi lebih tentang Unity 2017? Silahkan sampaikan pada bagian komentar di bawah ini.

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

4 Responses to Unity 2017: Game Engine Generasi Baru

  1. imagamer March 8, 2017 at 9:15 am #

    Dari dulu unity emang engine paling mudah menurut ane, sama ga begitu berat kalau bikin mini game, terus build filenya ke banyak platform juga memudahkan developer

    • Kukuh Basuki March 8, 2017 at 9:56 am #

      Iya ya, semoga Unity 2017 lebih canggih 😊

  2. Fatih March 8, 2017 at 9:45 pm #

    Yooo, Unity 2K17 im coming!!!

Leave a Reply

AYO GABUNG DI PIKSEL

Dapatkan artikel, berita, tips dan tutorial terbaru!